5 Penyebab Deindex Google yang Wajib Kamu Ketahui

5 Penyebab Deindex Google yang Wajib Kamu Ketahui

Mengetahui terkait penyebab deindex Google tentunya memiliki peran penting. Jika hal tersebut dapat terjadi resikonya adalah bisa membuat situs down, karena pengunjung sedikit, kurang dipercayai, atau alasan lainnya. Keadaan ini tentu harus dihindari dan dicari solusi terbaiknya.

source: expresslyseo.co.uk

Apa saja Penyebab Deindex Google?

Deindex Google merupakan suatu keadaan dimana website Anda tidak masuk dalam Indeks Google karena beberapa hal, sehingga menyebabkan tidak muncul dalam halaman pencarian. Hal ini dapat sangat merugikan, terutama bagi Anda yang menggunakannya untuk berbisnis. Berikut ulasannya:

1. Website Mengandung Malware

Malware sendiri merupakan software perusak pada sistem komputer tanpa seizin dari pemiliknya. Penyebab utamanya adalah PC yang Anda gunakan melakukan koneksi cPanel atau FTP pada sumber virus. Hal ini akan membuat beberapa file pada website melakukan crawling.

Jika website tersebut dibuka biasanya akan tertulis situs yang Anda akses berisi software perusak. Masalah ini dapat mengganggu perkembangan dari platform tersebut karena pengunjung tidak dapat mengakses informasi di dalamnya dan akhirnya beralih ke lainnya.

2. Kesalahan Konfigurasi

Fungsinya adalah untuk menyembunyikan dari crawling mesin pencari sehingga akan terhindar dari gangguan terhadap traffic. Proses ini bisa Anda lakukan sebelum memperbaiki kesalahan pada halaman atau ketika menjalankan aktivitas maintenance website.

Cara menanganinya adalah sebelumnya pastikan pengaturan Anda bisa diindex oleh Google. Bagi pengguna wordpress sebaiknya buka menu dashboard selanjutnya klik setting. Lanjutkan pilih reading yang terdapat pada menu paling bawah, kemudian lanjut proses sesuai prosedur.

3. Cloaking

Sistem kerjanya yaitu mengarahkan pengguna Google dari sebuah situs ke situs lainnya. Misalnya saja website yang membahas terkait info kuliner, namun saat pengunjung mengkliknya maka mereka akan dibawa pada halaman lain. Misalnya tekno, kesehatan, atau bahkan judi dan sebagainya.

Sebaiknya masalah seperti ini segera dilakukan penanganan agar nantinya tidak terjadi hal buruk, terutama hilangnya kepercayaan dari para penggunanya. Terkadang, penyebabnya yaitu dari hacker tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan serta menurunkan reputasi.

4. Duplikat Konten

Penyebab deindex Google selanjutnya adalah duplikat Konten. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan misalnya saat seseorang menyalin seluruh isi konten, selanjutnya mereka menampilkan pada website pribadinya. Sebaiknya jangan melakukan kegiatan tersebut karena merugikan pihak lain.

Duplikat Konten Bukan hanya menyebabkan deindex Google, namun juga membuat reputasi creator menjadi jatuh baik bagi masyarakat maupun Google sendiri. Utamakan selalu membuat karya sendiri dengan ciri khas dan keunikan, jangan sampai meniru karena melanggar kebijakan privasi.

5. Link Tidak Natural

Biasanya hal ini akan terjadi karena menggunakan jasa backlink dari link yang tidak terjamin kualitasnya. Strategi ini biasanya digunakan untuk meningkatkan rating di pencarian, namun bisa menemui bahaya jika Anda tidak berhati-hati. Sebaiknya cari dengan reputasi bagus.

Saat mencari jasa backlink jangan mudah tergiur dengan harga murah karena hal tersebut menjadi salah satu indikasi kualitas kurang baik, namun tidak semuanya begitu. Cek terlebih dahulu pada situs penyedianya atau tanyakan kepada orang berpengalaman dan silahkan meminta saran.

Demikian penjelasan singkat terkait penyebab deindex Google yang bisa Anda jadikan referensi jika nantinya membutuhkan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena banyak kasus sudah terjadi sehingga membuat situs tersebut menjadi sepi pengunjung, bahkan tidak muncul di pencarian web browser. Oleh karena itu lakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin.

Saya Ingin Menggunakan Jasa SEO

    Describe digital service needs for your business

    Let's Share

    Add Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *