5 Cara Mengatasi Situs Web yang Lambat Agar Cepat

5 Cara Mengatasi Situs Web yang Lambat Agar Cepat

Cara mengatasi situs web yang lambat agar cepat penting Anda ketahui jika nantinya terjadi hal tersebut sudah dapat menanganinya. Ada beberapa penyebab mengapa bisa terjadi, misalnya karena kendala jaringan, adanya gangguan, terlalu besar kapasitasnya, dan masih banyak lainnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Situs Web yang Lambat Agar Cepat
source:seo-tools.us

Tips Mengatasi Situs Web yang Lambat Agar Cepat

Tentu hal ini bisa saja terjadi kapanpun,untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Sebelum terjadi sebaiknya cek kecepatan loading website Anda dengan menggunakan rumus tertentu. Berikut ini alasannya terkait dengan langkah-langkahnya:

1. Perkecil Ukuran Gambar

Saat gambar yang Ada upload terlalu besar maka kemungkinan bisa menyebabkannya menjadi lebih lambat saat proses loading. Tentu hal ini dapat mengganggu terutama orang yang berkunjung pada website tersebut. Kapasitas yang disarankan adalah sekitar 300 x 1162.

Sebelum menguploadnya sebaiknya cek terlebih dahulu berapa ukurannya, jika sudah pas maka dapat melakukan proses selanjutnya. Anda bisa mengurangi ukuran dengan menggunakan software editing misalnya Adobe Photoshop, tidak disarankan melalui HP karena ditakutkan tidak maksimal.

2. Aktifkan Gzip Compression

Fitur ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi loading lama pada website Anda. Sebelumnya harus melakukan plugin, namun jika tidak ingin maka cara terbaik masuk ke cPanel dan menambahkan baris kode .htaccess. selanjutnya lakukan proses sesuai petunjuk dari sistem.

Cara paling mudah adalah dengan mengaplikasikan plugin WordPress, namanya yaitu Check and Enable GZIP Compression. Platform ini berfungsi untuk mengkompres ukuran file dokumen, sehingga saat proses loading nantinya tidak terlalu lambat dan pengguna bisa mendapat informasi dengan cepat.

3. Gunakan Hosting yang Cepat

Cara mengatasi situs web yang lambat agar cepat selanjutnya yaitu dengan menggunakan hosting dengan kualitas bagus. Saat mencari penyedia layanan tersebut sebaiknya pilih yang sudah terpercaya agar tidak terjadi kesalahan meski dari segi harga sedikit lebih mahal.

Saat mencari hosting, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu beberapa rekomendasi. Salah satu ciri yang bisa Anda gunakan yaitu kebanyakan semakin pendek alamat untuk pemberian nama kemungkinan besar bagus. Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa harganya juga mahal.

4. Optimasi Data Base Website

Database ini biasanya akan tersimpan secara otomatis oleh sistem Google atau pada Tools tertentu yang Anda gunakan. Saat terjadi loading lama sebaiknya lakukan optimasi, caranya cukup dengan mengaplikasikan plugin WP-Optimize. Lalu kecepatan akan bertambah dan lebih nyaman digunakan.

Plugin tersebut juga dapat digunakan untuk beberapa hal misalnya gambar, mengeblok komentar spam, translate, post revisi, draft post, dan masih banyak lainnya. Saat ini kemudahan bisa Anda akses untuk mendukung agar kinerja semakin efektif.

5. Optimasi Berat Gambar

Saat melakukan upload gambar sebaiknya memilih dengan kapasitas sekitar  1 mb dan usahakan tidak melebihi itu. Tujuannya agar tidak terjadi loading lama, sehingga pengunjung bisa banyak dan meningkatkan rating Anda pada SEO. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan.

Saat Anda sudah terlanjur upload di server hosting tidak perlu khawatir, karena terdapat fitur khusus untuk mengkompres ukuran dari file tersebut, misalnya saja EWWW Image Optimizer, Imagfy. Selanjutnya website akan bisa loading lebih cepat dan tidak eror lagi.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi situs web yang lambat agar cepat yang bisa Anda terapkan. Sebelumnya perlu dicari terlebih dahulu penyebabnya agar nantinya penanganannya lebih tepat serta penggunaan alat pendukung juga tidak salah. Semoga bermanfaat.

Saya Ingin Menggunakan Jasa Pembuatan Website

    Describe digital service needs for your business

    Let's Share

    Add Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *