Apa Itu SEO? Ini Konsep Dasar dan Cara Kerjanya

Apa Itu SEO? Ini Konsep Dasar dan Cara Kerjanya

Mengenai apa itu SEO, pernahkan Anda benar-benar mencari tahu maknanya? Apalagi jika sedang dalam fase pengembangan website, maka teknik ini setidaknya harus diketahui konsep dasarnya karena memiliki jangka panjang untuk keberlangsungan sebuah situs.

Pengertian dan Penjelasan Apa Itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik optimasi untuk website. Kemudian hasil dari cara tersebut akan membuat situs berada di halaman utama mesin pencari, sehingga peluang untuk memiliki traffic pengunjung yang tinggi pun juga kian besar.

Beberapa ahli pun juga mengungkapkan pendapatnya mengenai pehtingnya penggunaan SEO pada sebuah website. Sebut saja Danny Sulivian yang juga membahas bahwa, SEO ini merupakan cara seseorang untuk mencari informasi sehingga bisa membuat situs seperti apa yang dicari pengunjung.

Sedangkan menurut Dax Herrera sebagai seorang pakar SEO menjelaskan bahwa sebenarnya Google memiliki misi untuk megorganisir setiap informasi yang keluar di internet dari berbagai penjuru dunia sehingga semakin mudah diakses oleh orang-orang.

Kemudian untuk teknik SEO sendiri diciptakan dengan tugas mengorganisir informasi mengenai apa yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Istilah mudahnya adalah kata kunci apa yang paling dicari oleh mereka sehingga hal ini bisa dikelompokkan untuk memudahkan situs menargetkan audience-nya.

Bagaimana Cara Kerja dari Teknik SEO?

Dalam sebuah langkah optimasi website terdapat algoritma yang mengatur sistem perangkingannya. Bahkan di semua mesin pencari akan menggunakan cara ini. Hanya saja Google selalu menjadi patokan karena berhasil menguasai pangsa pasar hingga 90%-nya dari seluruh dunia.

Selain itu, untuk algoritma sendiri akan terus berjalan dan melakukan update setiap saat sehingga bisa memberikan taktik yang efektif untuk optimasi website. Salah satu caranya adalah adanya kata kunci yang menjadi media informasi untuk memunculkan situs.

Teknik SEO inilah yang berperan untuk mencari inofmasi sebanyak-banyak mengenai kata kunci apa yang dicari oleh pengguna. Jadi, si pemilik website bisa memasukkan keyword tersebut di dalam kontennya namun harus tetap relevan supaya bisa memicu pengunjung untuk mengkliknya.

Mudahnya, dalam SEO terdapat sistem Crawling sebagai tahap awal untuk mengumpulkan informasi. Kemudian indexing sebagai tempat penyipanan dan melist kata kunci tersebut. Setelah itu barulah dilakukan sistem perangkingan untuk semua situs.

Cara Menggunakan SEO

Setelah mengetahui apa itu SEO, maka Anda harus tahu juga cara memakainya. Sebab, akan percuma jika hanya memahami teorinya akan tetapi tidak tahu bagaimana menggunakannya. Selain itu, optimasi ini tidak akan pernah ada hentinya alias akan terus berkembang seiring waktu.

Hal ini tidak lain adalah untuk memberikan peringkat terbaik untuk semua situs berdasarkan kualitasnya. Kemudian sebagai langkah mudah Anda memang harus menggunakan pendekatan terbaru sehingga memungkina SEO bisa bekerja optimal.

Secara umum, teknik ini sendiri memiliki dua kategori umum.

  • Pertama adalah Onsite SEO yang berarti cara mengoptimalkan situs dari dalam atau dengan melakukan penyesuaian pada setiap elemen yang ada di website tersebut.
  • Kedua adalah Offsite SEO akan tetapi kehadirannya tidak begitu teknis jika dibandingkan dengan sebelumnya. Akan tetapi tetap saja kehadirannya cukup penting. Teknik ini sendiri merupakan sebuah cara untuk mempromosikan website dengan melakukan berbagai strategi marketing.

Itulah sedikit ulasan mengenai apa itu SEO. Sebenarnya untuk memahaminya saja tidak terlalu sulit asalkan Anda fokus dan memiliki target serta terus melakukan praktik. Salah satunya adalah dengan memahami terlebih dahulu teknisnya sehingga bisa mengambil tindakan untuk mengoptimalkan situs.

Let's Share

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *