5 Cara Memasang Iklan di Youtube untuk Pemula

5 Cara Memasang Iklan di Youtube untuk Pemula

Salah satu media yang paling laris dan kerap digunakan hampir di seluruh dunia adaah YouTube. Menyajikan aneka video dengan berbagai konten sehingga membuka peluang besar bagi pebisnis untuk “numpang ngiklan”. Akan tetapi bagaimana cara memasang iklan di YouTube ini?

Beberapa Cara Mamasang Iklan di YouTube

Google memang pantas menyandang sebagai platform nomor satu di dunia. Pasalnya mereka berhasil memenuhi hampir semua kebutuhan manusia akan internet. Salah satunya adalah fitur-fitur menarik bagi pebisnis untuk melakukan promosi.

  • Video Iklan

Strategi marketing dengan sosial media memang terbukti sangat ampuh menjaring konsumen dan salah satunya melalui YouTube. Maka, berikut ini beberapa cara memasang iklan di YouTube yang harus Anda ketahui:

Untuk bisa beriklan di YouTube maka sudah pasti Anda harus membuat video iklan tentang produk tersebut. Dalam hal ini gunakan tema yang menarik termasuk deskripsi hingga tautan maupun tagar supaya target konsumen bisa terjaring.

  1. Setelah itu barulah masuk ke bagian kampanye di Google Ads.
  2. Pilih tombol Campaign
  3. Saat berhasil masuk ke akun tersebut, jangan lupa untuk menyertakan detai kampanye seperti tujuan beriklan, yakni mengajak berbelanja, konversi maupun yang lainnya.
  • Selesaikan pengaturan Video

Hal terakhir yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan video iklan adalah memilih format penayangan. Dalam YouTube ada tiga jenis yang perlu diketahui, yakni:

  1. Bumpers 
  2. TrueView 
  3. Pre-Roll atau Mid-roll. 

Anda hanya bisa memilih salah satunya saja. Setelah selesai mengatur format, barulah Anda akan diarahkan ke tahap pengaturan penayangan. Di antaranya seperti anggaran, frekuensi, tempat hingga target yang akan dituju. Saat itu, pastikan untuk menyesuaikan kebutuhan.

  • Pengaturan Frekuensi penayangan

Antara anggaran dengan frekuensi penayangan ini biasanya saling berhubungan. Secara umum untuk bisa menampilkan iklan di YouTube Anda bisa mempertimbangkan apakah promosi akan ditayangkan setiap hari (standar) ataukah sesering mungkin ditampilkan.

Saat memilihnya pastikan menyesuaikan dengan target dan juga budget. Jangan sampai beriklan yang justru merugikan Anda sendiri. Apalagi jika sampai membuat risih si target tentu kebanyakan dari mereka justru akan melakukan “skip” pada video iklan tersebut.

  • Lokasi Penayangan

Memilih lokasi penayangan sangat penting dalam memberikan pengaruh, yakni berupa iklan akan di tayangkan dimana. Di YouTube terdapat dua pilihan yang bisa Anda tentukan, yaitu melalui fitur search atau muncul di video-video para konten creator.

Keduanya sama-sama memiliki jangkauan luas dan alternatif. Hanya saja Anda juga perlu memperhatikan lokasi target meskipun secara umum bisa ditampilkan ke seluruh dunia. Akan tetapi akan lebih mudah apabila jangkauan dipersempit, misalnya khusus ada di Indonesia saja.

  • Cuplikan Konten

Di sinilah bagian yang paling menentukan. Sebagai pemilik iklan wajib buat Anda membuat deskripsi serta judul semenarik mungkin. Ads YouTube menerapkan setidaknya harus ada 25 sampai 35 karakter untuk menuliskan tajuk hingga gambaran produk tersebut.

Kemudian di dalam Ads YouTube juga terdapat fungsi pratinjau yang bisa dimanfaatkan. Hal ini berguna untuk memberikan ulasan terkait penayangan iklan sehingga Anda bisa mengontrolnya. Selain itu, yang terakhir jangan lupa juga untuk menentukan target penayangannya.

Itulah cara memasang iklan di YouTube dengan mudah. Saat membuat konten iklan ini memang sangat menguntungkan jika melihat dar segi pengguna dan juga jangkaunnya. Akan tetapi, tetap perhatikan beberapa hal seperti kenyamanan para pengguna internet.

Let's Share

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *