Apa Itu Google AdWords dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa Itu Google AdWords dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Salah satu fitur menarik dari Google mengenai search engine marketing adalah adanya Google AdWords. Namun sebelumnya, pahami dahulu apa itu Google AdWords dan bagaimana cara menggunakannya?

Apa Itu Google AdWords?

Bagi yang masih awam atau baru saja terjun ke dunia per-website-an pasti masing asing dengan nama Google AdWords. Istilah mudahnya ia merupakan fitur iklan berbayar yang disediakan oleh pihak Google.

Adanya kata kunci tertentu yang relevan dengan produk Anda, sehingga memungkinkan situs bisa tampil di halaman mesin pencari. Karena telah memanfaatkan Google AdWords atau yang lebih dikenal dengan Google Ads.

Secara umum banyak para pebisnis yang menggunkaan fitur iklan berbayar ini untuk mempromosikan produk mereka. Sebab, hasilnya instan dan cukup efektif meskipun harus mengeluarkan sedikit hasil penjualan untuk promosi, tetapi menurut survei hal ini akan sebanding dengan peningkatan penjualan.

Cara Menggunakan Google AdWords

Setelah mengetahui apa itu Google AdWords, Anda juga harus memahami bagaimana cara menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut:

  • Buat Akun Google

Sudah pasti cara pertama adalah harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Lakukan seperti membuat email pada umumnya. Namun, jika telah memiliki akun pribadi, maka Anda boleh menggunakannya.

Namun jika tidak ingin kotak masuk dipenuhi dengan notifikasi Google Ads, maka bisa membuat akun baru. Setelah itu, baru masuk ke Google Ads dan memilih Goals yang paling sesuai dengan produk terebut.

  • Tentukan Jangkauan

Selanjutnya yang lakukan tahap pendaftaran dengan mengisi beberapa data. Salah satunya dengan memasukkan lokasi yang akan menjadi target penjualan. Misalnya khusus untuk wilayah lokal atau hingga manca negara.

Kemudian jangan lupa memasukkan pilihan kategori bisnis, sehingga akan lebih memudahkan Google dalam mengelompokkan tema situs Anda dengan website yang relevan. Selain itu, hal ini juga akan berguna untuk menentukan target audience.

  • Buat Copy Iklan

Copy iklan adalah salah satu cara untuk membuat headline promosi. Hanya saja, Anda tidak boleh membuatnya secara serampangan. Sebab, akan menentukan apakah si target penjualan tertarik dengan produk tersebut ataukah tidak.

Pada bagian ini hanya disediakan maksimal 30 karakter saja sedangkan untuk isi iklan bisa lebih banyak, yakni hingga 80 karakter. Jadi, di sini Anda benar-benar harus membuat sebuah copy iklan yang padat, singkat dan jelas serta jangan lupakan unsur menarik dan menjual.

  • Menentukan Budget

Kemudian untuk bisa menggunakan Google AdWords, Anda juga perlu menentukan budget yang diperlukan, sebab ia merupakan sebuah layanan berbayar. Hanya saja tidak perlu khawatir akan mengeluarkan terlalu banyak biaya, apalagi jika sampai merasa rugi.

Sebab, pembayaran hanya dilakukan dengan metode per klik. Jadi, jika ada yang membuka iklan tersebut  itu artinya mereka pasti tertarik dan Anda harus membayar untuk itu. Namun, jika tidak ada yang memilih, maka tidak perlu mengeluarkan dana sedikit pun.

  • Buat Metode pembayaran

Google menyediakan metode pembayaran yang sangat beragam. Apalagi penggunanya merupakan orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Namun, untuk wilayah lokal ini Anda bisa memilih dengan menggunakan kartu kredit ataukah melalui transfer bank.

Sudahkah mengenal apa itu Google Adwords dan bagaimana cara menggukanannya? Cukup mudah bukan? Apalagi demi bisa menjangkau target marketing lebih luas lagi, tentunya hal ini akan sangat membantu pergerakan bisnis Anda dari waktu ke waktu.

Saya Ingin Menggunakan Jasa Google Ads

    Describe digital service needs for your business

    Let's Share

    Add Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *