6 Perbedaan SEO dan SEM Beserta Kelebihan Kekurangannya

6 Perbedaan SEO dan SEM Beserta Kelebihan Kekurangannya

Dalam pembangunan sebuah website terdapat teknik yang umum digunakan untuk meningkatkan kualitasnya, yakni SEO dan SEM. Keduanya adalah staregi optimasi yang sukses memberikan peringkat di Google. Lantas apa saja perbedaan SEO dan SEM beserta kelebihan dan kekurangannya?

Perbedaan SEO dan SEM

Ketika akan mengembangkan sebuah website memang tidak ada salahnya untuk mencari teknik optimasi yang terbaik. Oleh karena itu Anda perlu mengetahu perbedaan SEO dan SEM beserta kelebihan dan kekurangannya sehingga bisa memutuskan akan menggunakan yang mana.

  • Embel-embel Iklan

Perbedaan mendasar dan sangat mencolok dari teknik tersebut adalah adanya embel-embel iklan di bawah website. Pada SEM Anda akan menemukan logo iklan di bawah situs yang menggunakannya sedangkan SEO tidak ada.

Uniknya, hal ini akan menjadi keunggulan bagi SEO, karena pengguna internet rata-rata jarang memilih website yang memiliki embel-embel iklan. Sebab, mereka telah terstigma jika situs tersebut hanya akan berisi mengenai bisnis mereka sendiri.

  • Sistem Berbayar

Hal yang menarik dari SEO adalah tidak berbayar sedikit pun meskipun dalam pengolahan dan belajarnya membutuhkan waktu cukup lama. Akan tetapi, hal ini akan sebanding degan yang akan diperoleh.

Sedangkan pada teknik SEM, pengguna diharuskan untuk membayar atau menyediakan anggaran rutin. Hal ini karena ia merupakan sebuah iklan dengan bentuk PPC. Tentu dari sini telah terlihat jelas perbedaannya mana yang layak untuk dipilih.

  • Target Audience

Jika berbicara mengenai kelebihan, sebenarnya SEM pun memiliki keunggulan yang cukup telak. Apalagi keduanya sama-sama bertujuan ingin memahami apa yang dicari oleh pengguna internet sehingga website mereka bisa dijadikan sebah solusi.

Pada teori SEM, pemilik website bisa mengatur bahwa situs tersebut akan menargetkan siapa. Mulai dari umur, jenis kelami, lokasi dan lain sebagainya sehingga akan lebih mudah menemukan pengunjung. Sedangkan para teknik SEO tidak akan ditemukan hal seperti ini.

  • Perbedaan Kecepatan Hasil

Tidak bisa dipungkiri memang jika pada teknik SEM ini mampu menawarkan keunggulan berupa kecepatan hasil yang diperoleh. Meskipun tidak instan dalam semalam karena harus menyesuaikan dengan kompetitornya.

Akan tetapi, dalam hal ini teknik SEM memiliki keunggulan lebih cepat jika dibandungkan dengan SEO. Selain itu menyajikan website dengan bentuk iklan PPC akan membuat Anda bisa mengaktifkan maupun menonaktifkannya dengan mudah.

  • Media Testing Terbaik

Salah satu hal yang paling menguntungkan dari teknik SEM adalah cara terbaik untuk digunakan sebagai testing alias mengetahui apakah strategi marketing yang diterapkan telah berhasil atau tidak. Sebab, cara ini menggunakan iklan yang bisa dimatikan maupun dihidupkan sesuka hati.

Apalagi demi keperluan testing, Anda bahkan bisa merubah-rubah tampilannya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya target audience, judul iklan, konten di landing page dan lain sebagainya. Sedangkan pada SEO sebenarnya juga bisa hanya saja membutuhkan waktu cukup lama.

  • Kelebihan Jangka panjang

Hal yang menarik dari teknik SEO ini adalah meskipun gratis dan membutuhkan waktu sangat lama untuk prosesnya, namun dampaknya untuk jangka panjang justru yang paling baik. Bahkan seiring perkembagan waktu, teknik ini juga akan berkembang mengikuti arus Google.

Berbeda dengan teknik SEM yang justru tergantung dari sistem pembayaran Anda. Salah satu contohnya adalah ketika metode iklan berbayar tersebut dimatikan, artinya tidak adalagi pembayaran maka website juga akan berhenti tampil di laman utama Google.

Perbedaan SEO dan SEM beserta kelebihan dan kekurangannya memanglah sangat mencolok. Jadi, apa yang akan Anda terapkan nantinya untuk keberlangsungan sebuah website (tergantung dari pemilihan serta kebutuhan itu sendiri).

Let's Share

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *