Cara Membuat Infografis di Canva dengan Mudah

Cara Membuat Infografis di Canva dengan Mudah

Infografis menjadi salah satu jenis konten yang banyak diminati oleh pelaku bisnis untuk menarik audiens. Konten infografis dalam bentuk visual juga dinilai lebih mudah dan lebih efektif untuk mendatangkan trafik serta meningkatkan brand awareness. Bagaimana cara membuat infografis di Canva?

Pengertian Infografis

Infografis menjadi media yang paling mudah untuk merangkum semua informasi penting agar lebih singkat, padat, dan mudah dipahami. Pembaca pun menjadi lebih mudah tertarik untuk membagikannya kepada orang lain sehingga dampaknya konten pun menjadi viral. 

Infografis sendiri merupakan singkatan dari information dan graphics yang menyajikan informasi dalam bentuk teks dan dipadukan dengan elemen visual lainnya. Elemen tersebut bisa terdiri dari gambar, grafik, tipografi, atau ilustrasi yang menarik pembaca. 

Pembaca cenderung lebih tertarik dengan konten-konten yang mengandung infografis karena dinilai lebih mudah dicerna informasinya. Berdasarkan penelitian, 90% bagian otak lebih cepat menyerap informasi visual dibandingkan teks secara psikologi. 

Cara Membuat Infografis di Canva dengan Mudah | 1980media.com
source:qwords.com

Cara Membuat Infografis di Canva

Canva merupakan salah satu platform yang banyak digunakan sebagai platform andalan untuk membuat berbagai jenis desain. Platform ini menyediakan template yang menarik dan mudah diedit sesuai keinginan. Anda tidak perlu memiliki skill desainer untuk membuat desain yang menarik.  

  1. Buka aplikasi Canva atau situs resminya melalui canva.com
  2. Pilih dan klik Create A Design
  3. Otomatis akan muncul page templates
  4. Pilih template atau custom dimensions yang diinginkan
  5. Pilihan template bisa di-browse berdasarkan kategori tertentu
  6. Tambahkan elemen, teks, dan foto sesuai kebutuhan
  7. Kombinasikan warna-warna yang menarik dan eye catching
  8. Jika sudah selesai, pilih dan klik Download
  9. Hasil editan infografis di Canva akan langsung tersimpan di galeri smartphone maupun PC atau laptop

Keunggulan Menggunakan Canva

Aplikasi dan situs desain Canva kini menjadi andalan dan favorit banyak orang. Apalagi bagi pemula yang tidak memiliki skill desain tentu kehadiran Canva akan sangat membantu. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuat berbagai desain mulai dari logo, flyer, konten media sosial, hingga infografis. 

1. Banyak Pilihan Template Untuk Berbagai Kebutuhan Konten

Canva bukan sekedar aplikasi desain biasa. Aplikasi ini menyediakan beragam pilihan template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Anda pun tinggal memilih akan membuat konten untuk diposting di media apa. Bahkan ukurannya pun sudah disesuaikan sehingga tinggal mengedit isinya. 

Canva bisa dimanfaatkan untuk membuat desain-desain seperti Instagram story, Instagram post, logo, facebook, banner, flyer, Youtube thumbnail, CV, daftar menu, dan masih banyak lagi. Setiap jenis konten sudah disesuaikan ukuran dan template-nya sesuai dengan kebutuhan. 

Template yang tersedia di aplikasi Canva telah mencapai ratusan ribu dengan beragam karakter, tema, dan warna yang menarik. Agar tidak terkesan sama dengan desain orang lain, maka Anda tinggal memainkan elemen, teks, dan warna yang disediakan pada template tersebut. 

2. Bisa Diakses Secara Gratis

Anda tidak perlu membayar mahal untuk membeli platform Canva karena situs dan aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa digunakan oleh siapapun. Cukup dengan mendaftar melalui email maka siapapun bisa menggunakan beragam template desain yang ada di aplikasi. 

Meskipun tersedia secara gratis, beberapa template dan elemen juga tersedia dalam versi berbayar. Tentu saja untuk versi yang berbayar desain template yang tersedia lebih menarik. Anda bisa berlangganan untuk mendapatkan fasilitas Pro dari Canva. 

3. Tersedia Riwayat Desain

Tak perlu panik ketika desain yang telah dibuat dengan susah payah tiba-tiba hilang di memori galeri smartphone maupun PC atau laptop. Hal ini dikarenakan Canva bisa menyimpan desain yang pernah dibuat dengan rapi. Jika ingin mengeditnya kembali Anda pun tinggal membuka desain tersebut. 

Menariknya lagi, desain-desain yang telah dibuat pada aplikasi ini bisa disimpan dalam beberapa folder. Pengguna pun bisa lebih mudah dalam mencari file yang diinginkan tanpa harus scrolling terlalu jauh. 

4. Bisa Kolaborasi

Canva juga menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berkolaborasi dengan orang lain. Anda tinggal memilih fitur share yang terdapat pada aplikasi Canva untuk dibagikan kepada pengguna lain yang diinginkan. Pilih pilihan agar pengguna yang dipilih bisa ikut mengedit desain. 

Desain yang dibagikan kepada pengguna lain yang diajak untuk kolaborasi biasanya dalam bentuk link. Anda pun bisa membuat tim di Canva sehingga sangat cocok bagi para pemilik toko online atau komunitas yang memiliki banyak admin. Fitur shared with you tersedia untuk melihat desain yang dibagikan orang lain. 

5. Tampilan User Friendly

Meskipun masih pemula di bidang desain, dijamin Anda pasti bisa mengedit desain di Canva dengan mudah. Hal ini dikarenakan tampilan situs dan aplikasi desain yang satu ini sangat sederhana dan user friendly. Caranya tinggal memilih fitur dan template yang diinginkan untuk diedit. 

6. Tersedia Custom Dimensions

Fitur custom dimensions juga bisa diakses secara gratis untuk membantu membuat infografis yang menarik. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membuat desain sendiri dengan ukuran secara custom yang tidak tersedia di template Canva. 

Sebenarnya fitur custom dimensions ini lebih menguntungkan untuk membuat desain yang lebih fleksibel baik dari segi ukuran maupun pemilihan elemen lainnya. Anda pun bisa menyesuaikan setiap desain yang diedit dengan kebutuhan. 

7. Tersedia Tutorial Video

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menggunakan Canva untuk mengedit desain yang menarik melalui aplikasi ini, manfaatkanlah tutorial dalam bentuk video yang telah disediakan. Tutorial ini sebagai bentuk dukungan dari Canva untuk membantu penggunanya agar lebih mudah mendesain.

Semua tutorial video yang tersedia pada aplikasi ini bisa diakses secara gratis dan bebas. Anda pun akan sangat terbantu saat ingin membuat desain yang diinginkan secara otodidak selama ada kemauan untuk belajar. 

8. Tersedia Beragam Pilihan Plans

Canva menyediakan pilihan plans mulai dari yang gratis, berbayar, hingga plans yang dikhususkan untuk organisasi non profit dan institusi pendidikan. Tentu saja masing-masing plans memiliki kelebihan masing-masing. Namun, untuk yang gratis saja sebenarnya sudah sangat bagus bagi pemula. 

9. Bisa Edit Video

Bukan hanya desain gambar dan foto saja yang bisa diedit menggunakan aplikasi dan situs Canva ini. Anda juga bisa mengedit video dengan mudah melalui template-template yang telah tersedia sehingga konten yang dibuat pun semakin menarik. 

Efek dan transisi pada proses editing video menggunakan Canva juga bisa diatur sesuai keinginan dan kebutuhan. 

10. Fitur Lengkap

Sama halnya dengan aplikasi desain lainnya, fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi Canva bisa dibilang cukup lengkap. Anda bisa mengedit, menghapus, memotong, menambah elemen, hingga mengunduh hasil desain dengan sangat mudah melalui fitur yang ada. 

Cara membuat infografis di Canva bisa dibilang sangat efektif dan sangat mudah untuk dilakukan karena sudah tersedia template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

Let's Share

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *