10 Cara Belajar Digital Marketing Sampai Mahir Untuk Pemula

10 Cara Belajar Digital Marketing Sampai Mahir Untuk Pemula

Digital marketing merupakan teknik pemasaran yang berperan penting dan sangat perlu untuk dipelajari khususnya bagi pelaku bisnis online. Dengan mengikuti cara belajar digital marketing sampai mahir untuk pemula, Anda akan lebih mudah dalam menjual produk barang atau jasa. 

Pengertian Digital Marketing

Strategi pemasaran digital marketing sudah banyak digunakan oleh para pebisnis mulai dari usaha kecil hingga perusahaan besar. Salah satu faktor yang mendorong para pebisnis menggunakan digital marketing adalah karena target market yang dijangkau bisa lebih luas dan lebih cepat. 

Persaingan yang terjadi antar pebisnis online pun semakin ketat sehingga diperlukan ilmu yang memadai tentang bagaimana teknik yang tepat dalam menerapkan strategi digital marketing. Pengertian digital marketing sendiri merupakan upaya pemasaran yang menggunakan media digital. 

Selama ada media digital seperti smartphone dan PC atau laptop serta jaringan internet, maka Anda sudah bisa mulai menerapkan teknik pemasaran ini. Digital marketing bisa digunakan oleh semua jenis bisnis dan mampu meningkatkan pendapatan dengan sangat efektif. 

10 Cara Belajar Digital Marketing Sampai Mahir Untuk Pemula | 1980media.com
source:cpssoft.com

Strategi Digital Marketing yang Harus Dipelajari

Hasil optimal yang diharapkan dalam praktek digital marketing tentu saja adalah peningkatan omzet penjualan. Namun, untuk mencapai hal tersebut tentu diperlukan dasar-dasar ilmu yang harus dipelajari dan dipraktekkan. Berikut ini beberapa strategi digital marketing yang perlu Anda pelajari:

1. Social Media Marketing

Media sosial tak lagi sekedar menjadi tempa silaturahmi dan komunikasi antar pengguna saja, namun sudah banyak dimanfaatkan sebagai media untuk berjualan. Media sosial yang paling banyak digunakan untuk promosi produk adalah Facebook dan Instagram. 

Kedua media sosial ini pemiliknya adalah sama sehingga bisa saling terintegrasi khususnya saat melakukan promosi berbayar di Facebook Business Manager. Anda bisa memanfaatkan setiap fitur yang terdapat pada aplikasi Facebook dan Instagram ini semaksimal mungkin. 

Jika belum ada budget untuk promosi berbayar seperti FB Ads, Ig Ads, Paid Promote, dan Endorsement, maka Anda bisa mencoba melakukan teknik pemasaran secara organik. Caranya adalah dengan sering memposting produk jualan dan membuat konten di feed maupun fitur story. 

2. Google Bisnisku

Salah satu platform yang bisa dibilang sangat efektif untuk pemasaran digital dan gratis adalah Google Bisnisku. Melalui platform ini Anda bisa mendapatkan target market yang lebih spesifik berdasarkan kata kunci yang relevan di laman pencarian Google. 

Jika bisnis sudah terdaftar dan mencantumkan kata kunci yang sesuai, maka Google akan menampilkan profil bisnis Anda di laman pencarian pengguna. Google Bisnisku juga menyediakan fitur agar pembeli dan penjual saling terhubung melalui kontak yang telah terintegrasi dan testimoni. 

3. WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp yang dulunya hanya sekedar digunakan sebagai alat chatting, kini mulai memiliki market sendiri melalui platform WhatsApp Business. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memudahkan pebisnis melakukan digital marketing dengan sangat mudah. 

Melalui aplikasi ini, Anda bisa menampilkan profil bisnis, katalog produk, hingga statistic pesan dengan mudah. Di sini pemilik WhatsApp business juga bisa membuat pesan otomatis yang memudahkan pembeli untuk melakukan transaksi melalui aplikasi chatting WA. 

4. Membuat Website 

Memiliki website untuk toko online tersendiri dapat meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas di mata konsumen. Anda bisa membuat website khusus toko online atau landing page sesuai kebutuhan. 

Mulailah untuk membuat website gratis terlebih dahulu melalui beragam platform yang telah tersedia seperti blogspot, WordPress, dan lain sebagainya. Jika sudah memiliki budget lebih untuk promosi, maka Anda bisa mulai membeli domain dan hosting untuk website yang lebih profesional. 

5. Email Marketing Bisnis

Untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas bisnis, maka email marketing khusus bisnis sangat penting untuk dibuat sehingga tidak bercampur dengan email personal. Buat email bisnis yang menggunakan nama domain dari bisnis itu sendiri sebagai identitas. 

Anda bisa mulai membuat email business dengan memilih platform email yang akan digunakan sehingga nama di email bisa dibuat dengan contoh admin@tokosaya.com. Tentu email seperti ini akan lebih meningkatkan kredibilitas. 

Setelah memiliki email tersebut, Anda bisa mulai melakukan promosi marketing melalui blast ke email-email pelanggan yang datanya bisa didapatkan dari pendaftaran atau database pelanggan. Buat konten email yang mengandung copywriting menarik. 

6. Strategi Copywriting

Cara belajar digital marketing yang selanjutnya adalah memahami strategi copywriting. Pengertian copywriting merupakan teknik membuat tulisan yang persuasif terhadap produk yang dijual agar calon pembeli tertarik untuk melakukan transaksi pembelian. Semua media dan platform pemasaran bisa dimanfaatkan untuk membuat copywriting. 

Contohnya seperti blog, iklan di Google atau Facebook, newsletter, hingga caption di story atau feed Instagram. Sebelum membuat konten copywriting yang menarik, penting untuk memahami terlebih dahulu mengenai produk yang akan dijual termasuk value-nya. 

7. Teknik SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang dibuat dengan tujuan untuk membuat website muncul di peringkat atas halaman pertama Google. SEO lebih banyak berkaitan dengan konten yang dibuat pada website. 

Untuk membuat konten dengan optimasi SEO yang maksimal, Anda bisa memulainya dengan cara melakukan riset keyword terlebih dahulu. Cari tahu kata kunci apa yang paling banyak dicari pengguna. Kata kunci tersebut kemudian bisa dikembangkan dalam sebuah konten yang menarik. 

8. Bekerjasama dengan Influencer

Influencer atau selebgram kini menjadi profesi baru yang banyak diminati. Banyak yang menganggap pekerjaan influencer cukup mudah karena cukup dengan mempromosikan produk orang lain mereka bisa mendapatkan fee dari jasa yang dilakukannya. 

Influencer memiliki peran penting untuk mempengaruhi konsumen dengan caranya sendiri agar followers di media sosialnya terpengaruh untuk membeli barang yang dipromosikan. Pilih influencer yang sesuai dengan target market dan produk yang Anda jual agar tepat sasaran. 

9. Menggunakan Tombol CTA (Call To Action) dengan Tepat

CTA atau Call To Action merupakan teks yang memudahkan pengunjung untuk melakukan sesuatu. Contohnya seperti kata Beli Sekarang, Hubungi Penjual, Dapatkan di Sini, dan lain sebagainya. Peran CTA sangat penting untuk membantu meningkatkan omzet penjualan. 

Agar bisa tepat sasaran, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat tulisan CTA yang tepat dengan penempatan posisi yang sesuai. Tujuannya agar conversion rate bisa ditingkatkan melalui tombol CTA yang berhasil di klik oleh pengunjung. 

10. Memilih Marketing Tools

Agar digital marketing yang Anda jalani bisa maksimal, maka salah satu cara paling efektif yang harus dilakukan adalah dengan memanfaatkan marketing tools. Alat promosi ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai teknik pemasaran digital dengan lebih mudah. 

Contohnya seperti to do list yang membantu mengatur pekerjaan, aplikasi untuk analisa data, aplikasi untuk optimasi email, hingga tools lain yang dapat membantu teknik SEO. Anda bisa lebih fokus dalam perencanaan strategi bisnis juga bisa memanfaatkan tools marketing dengan baik. 

Dengan mengikuti berbagai cara belajar digital marketing sampai mahir untuk pemula di atas, target pasar untuk bisnis Anda bisa lebih luas sehingga omzet pun meningkat. 

Let's Share

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *