6 Cara Menjalankan Facebook Marketing Untuk Pemula

6 Cara Menjalankan Facebook Marketing Untuk Pemula

Banyak sekali pelaku usaha ataupun perusahaan yang merasakan manfaat dari adanya sosial media sebagai media penunjang kegiatan bisnis, salah satunya adalah dengan Facebook Marketing. Bagaimana cara menjalankannya?

Apa yang Harus Dilakukan Dalam Menjalankan Facebook Marketing?

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis menggunakan sosial media Facebook. Dengan mengikuti prosedur secara teratur, maka bisa dipastikan berhasil masuk pada strategi pemasaran Anda. Berikut ini pemaparannya.

  • Tentukan Tujuan Dengan Jelas

Ketika hendak melakukan sebuah bisnis atau usaha, sebaiknya tentukan dengan tujuan yang jelas. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk mengukur keberhasilan marketing sebuah produk Anda. Untuk memulainya, perlu dilakukan sebuah survey pada pelanggan.

Adanya survey tersebut bertujuan supaya Anda bisa mengetahui strategi yang tepat dan diperlukan, sehingga berhubungan dengan target bisnis. Rata-rata 80% para pengusaha dalam menjalankan usahanya yaitu karena brand awareness dengan diikuti tujuan selainnya.

  • Menentukan Target Pasar

Setelah mengetahui tujuan dengan jelas, maka langkah selanjutnya yaitu menentukan target pasar. Hal tersebut nantinya akan membantu Anda untuk menetapkan budget pemasaran atau jenis konten apa yang hendak diposting, sehingga teratur dan sistematis.

Facebook Marketing memberikan layanan yang memudahkan pengguna untuk menentukan target pasar, Anda bisa memanfaatkan opsi custom audience dan mulai membuat bidikan konsumen secara lebih spesifik berdasarkan data pelanggan atau pengunjung website.

  • Buatlah Halaman yang Unik dan Menarik

Halaman atau page diibaratkan sebagai sebuah toko. Oleh karena itu, Anda harus membuatnya semenarik mungkin supaya konsumen merasa tertarik untuk mengunjunginya. Buatlah dekorasi menarik, unik, dan memikat perhatian calon konsumen.

Anda bisa memberikan nama brand singkat. Jangan gunakan sesuai dengan jenis produk yang dijual. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan logo sebagai profile picture dengan resolusi tinggi, bukan gambar buram, serta cover menarik dan tidak asal copast di Google.

  • Gunakan Tracking URL dan Facebook Insights

Penggunaan tracking URL dan Facebook Insight bisa memudahkan Anda untuk mengetahui dna mendapatkan beberapa data metric. Data-data tersebut nantinya dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas konten yang diposting.

Pemasaran produk bisnis yang Anda lakukan juga pasti menjadi lebih efektif jika mengetahui tracking URL serta Facebook Insight. Jika tidak memahami performa dari setiap postingan konten, maka dipastikan management pemasarannya pun gagal.

  • Menentukan Jadwal untuk Posting Konten

Menjadwalkan posting merupakan satu hal penting sebab membantu Anda dalam menentukan waktu yang tepat untuk mengupload produk bisnis serta seberapa sering. Tentukan time khusus sesuai dengan target konsumen.

Karena jika terlalu intens dan tidak teratur, maka dipastikan kualitas konten kurang maksimal. Sebaliknya, apabila jarang update, jumlah kunjungan dari follower Anda pun nantinya bisa berkurang. Secara umum, waktu yang pas adalah pada hari rabu, jam 9.00 – 15.00 WIB.

  • Monitoring

Langkah selanjutnya setelah melakukan posting konten adalah monitoring. Anda bisa mengamati komentar dari pengunjung serta memantau perkembangan jumalah share atau like pada postingan produk yang sudah terupload.

Untuk melakukan monitoring atau analisa ini, Anda bisa memanfaatkan tools analytics dan memperoleh hasil lebih akurat. Hal tersebut bertujuan untuk mempelajari konten mana yang banyak disukai oleh visitor, sehingga menetapkan upaya promosi dengan maksimal.

Demikian informasi mengenai tata cara menjalankan Facebook Marketing. Gunakan beberapa fitur didalamnya sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan Anda tanpa melakukan riset manual. Semoga bermanfaat.

 

Let's Share

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *