Apa Itu Content Marketing? Ini 5 Cara Membuatnya

Apa Itu Content Marketing? Ini 5 Cara Membuatnya

Mungkin seringkali terpikir apa itu content marketing dan tips membuatnya. Definisinya adalah berupa strategi pemasaran di mana dilakukan berbagai proses termasuk perencanaan, pembuatan, hingga pendistribusian konten dengan tujuan menarik atensi calon konsumen.

Tips-Tips dalam Membuat Content Marketing

Satu dari dua unsur pertanyaan “Apa itu content marketing dan tips membuatnya?”, yaitu mengenai definisi telah terjawab di atas. Lalu, bagaimana kiat-kiat atau trik sebelum melakukan proses pembuatan konten pemasaran? Apa saja yang penting untuk diperhatikan agar lebih efektif?

  • Cocokkan Isi Konten Pemasaran dengan Audien Target

Suatu materi pemasaran diciptakan dengan tujuan tertentu, salah satunya adalah menjangkau para audiens yang sesuai dengan kriteria target. Agara hal ini dapat terjadi, tentu pembuat konten harus mampu membuat mereka merasa dimengerti.

Jadi, dalam membuat konten pemasaran perlu dilakukan riset terlebih dahulu terhadap kebiasaan audiens yang dijadian target. Misalnya dalam pengiklanan peralatan dapur, tentu ingin menjangkau atensi ibu-ibu. Oleh karena itu, pembuat materi harus mencari informasi terkait secara mendalam.

  • Perhatikan Kualitas dan Tren Konten

Bisa dibilang bahwa kualitas masih akan menang melawan kuantitas. Jika sebuah content marketing dinilai jelek oleh audiens, maka maknanya pun akan susah melekat di hati. Alhasil, kemungkinan besar pemasara tersebut terbilang gagal jika dilihat dari rendahnya antusiasme target.

Tren juga dapat mempengaruhi keefektifan suatu materi pemasaran. Mengapa begitu? Pada dasarnya, kebanyakan manusia suka mengikuti hal-hal yang sedang ramai diperbincangkan. Entah disengaja atau tidak. Oleh sebab itu, content marketing poin tersebut untuk menarik atensi audiens.

  • Lakukan Distribusi Contet Marketing

Dalam mengenalkan apapun, promosi selalu memegang peran penting untuk keberhasilan. Tujuannya tentu untuk memperluas jaringan dan jangkauan. Ada banyak sekali media dan metode yang dapat digunakan guna mencapai  harapan tersebut.

Pendistribusian atau promosi content marketing dapat dilakukan melalui sosial media, channel penyedia iklan, blog, hingga website. Hal ini penting agar materi pemasaran yang telah dibuat dengan susah payah tidak berakhir sia-sia. Tentu akan sangat baik jika para audien menyaksikan dan tertarik dengan isinya.

  • Tentukan Target atau Tujuan

Lagi-lagi, perlu diingat bahwa dalam membuat atau melakukan segala sesuatu, seseorang atau sebuah perusahaan memiliki tujuan atau target tertentu untuk digapai. Sama hanya dengan membuat content marketing. Hal ini harus ditentukan secara jelas dan tegas sejak memulai perencanaan.

Dengan menentukan target secara jelas di awal niatan pembuatan cotent marketing nantinya konsep ataupun isi materi dapat disesuaikan dengan tujuan tersebut. Tentu nantinya strategi bisa diatur agar hal tersebut tercapai secara maksimal.

  • Repurpose Materi Konten yang Pernah Dibuat Sendiri

Memang sebuah content marketing akan lebih menarik jika dapat memberi kesan fresh bagi yang melihatnya. Namun, siapa bilang bahwa semuanya harus baru dan memulai dari awal untuk membuat sebuah materi pemasaran dengan kesan tersebut? Belum tentu.

Bagi pembuat konten pemasaran suatu perusahaan yang sudah berpengalaman tentu punya karya orisinal untuk projek-projek terdahulu. Jika memang berpotensi, materi lama tersebut dapat dipakai lagi dengan cara dikembangkan dan dihadirkan dengan ide-ide fresh terbaru.

Nah, itu tadi sedikit penjabaran untuk menjawab pertanyaan berbunyi “Apa itu content marketing dan tips membuatnya”. Dengan memahami dan menerapkan kiat kiat di atas, diharapkan tercapai tujuan dan target awal.

 

Let's Share

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *