Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia yang Jarang Orang Tahu

 

Di zaman globalisasi ini internet telah menjadi kebutuhan penting dikeseharian manusia di segala bidang. Jika kita flashback ke zaman dahulu, sejarah perkembangan internet di Indonesia mengalami peningkatan.   Bayangkan, kini kita sudah tidak terlalu khawatir jika ada anggota keluarga yang berpergian jarak jauh, orang tua tetap dapat memantau anak mereka dan mengatasi rasa rindu dengan bantuan aplikasi panggilan video dengan modal internet. Dengan perkembangan internet kini tidak hanya orang kaya saja yang dapat bersekolah di luar negri, masyarakat dengan kemampuan ekonomi terbatas pun dapat mengakses internet untuk mendapatkan informasi beasiswa. Kini pendidikan juga terbantu dengan kemudahan mengakses jurnal internasional.  Telah banyak kontribusi internet dalam kehidupan manusia di seluruh dunia juga di Indonesia. Jika pada zaman dahulu internet merupakan barang mewah yang tidak mudah untuk dapat akses internet.

 

 

Awal Mula Perkembangan Internet

Sejarah perkembangan internet di Indonesia berawal di tahun 1990-an. Jaringan internet di Indonesia bermula dari sebuah paguyuban yang  pada awal perkembangannya  lebih dikenal sebagi paguyuban network. Seperti namanya, paguyuban tersebut menjunjung semangat kerjasama, gotong royong dan kekeluargan. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lain dari seluruh dunia. Komputer dan jaringan yang terhubung dengan internet mempunyai unique number ( nomor unik) ip 32 bit. Nama-nama legendaris di awal sejarah dan perkembangan internet di Indonesia pada tahun 1992 sampai 1994 adalah M.Samik Ibrahim, Adi Indrayanto, Muhammad Ihsan, Ptu Firman Siregar, Roby Soebiakto, Suryono Adisoemarata, dan Onno W. Purbo. Beliau telah memberikan kontribusi dan dedikasinya dalam sejarah jaringan komputer dan internet di Indonesia.

Pada masa awal sejarah perkembangan internet di Indonesia, jaringan tersebut menghubungkan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia yaitu Universitas Indonesia, Universitas Terbuka, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Gajah Mada. Dikarenakan infra struktur yang kurang memadai membuat  jaringan ini tidak berjalan lagi. Internet di Indonesia berawal dari kegiatan di radio amatir khususnya di ITB yaitu ARC  (Amatir Radio Club) yang kemudian dikembngkan oleh para mahasiswa sampai pada akhirnya dapat menghubungkan radio amatir di seluruh dunia dengan tujuan e-mail dapat berjalan lancar.

 

 

Sejarah perkembangan internet di Indonesia selanjutnya bermula dari mailing list yakni indonesia@janus.berkeley.edu yang  digunakan sebagai wadah berdiskusi antara mahasiswa-mahasiswa Indonesia di luar negri. Kegiatan berdiskusi pada mailing list ini terus berkembang pesat dan menjadi sarana yang baik untuk membangun komunitas internet di Indonesia . Kemudian Onno W.Purbo yang pada saat itu berada di Kanada berkomunikasi dengan rekan-rekan radio amatir di Indonesia dengan jaringan raio amatir  dan membuat komunikasi antara Indonesia dan Kanada  bterus berkelanjutan dengan lancar.

Pada tahun 1992-1994 ip pertama digunakan oleh Amatir Packet Radio Network (AMPR-net) yang dikenal di internet dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132 dan kemudian BPPT mengoperasikan gateway paket radio tersebut. Di periode selanjutnya yakni pada tahun 1994 internet masuk ke Indonesia melaui  TLD ID (Top Level Domain) di server UNNET USA yang kemudian dipindahakan ke server ADFA.  Pada tahun ini ISP kompersial pertama Indonesia, IndoNet, mulai beroperasi dan kemudian menjadi sambungan awal ke internet. Kemudian ISP resmi di Indonesia didapatkan dengan mendapatkan izin dari Kemenkominfo dibawah naungan  Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yang bertugas melakukan program kunci yang tepat untuk mengembangkan jaringan internet di Indonesia. APJJ ini terbentuk pada 15 Mei 1996 secara musyawarah. Nah itulah sejarah perkembangan internet di Indonesia dari awal sampai sekarang mulai ada.

Tags:

Share this post

Post Comment